Camping Refleksi Akhir Tahun Komunitas “Ayo Explore Indonesia” Semangat Wujudkan Harapan di Tahun 2021

0
48
komunitas Ayo Explore Indonesia

Nambung 1 Januari 2021.
“Tidak penting kita berasal dari mana, yang terpenting kita mau kemana setelah ini” itulah kata-kata motivasi dari pembina komunitas ayo explore Indonesia, Loezawa Abdul Majid. “Di komunitas ayo explore Indonesia bukan hanya sekedar kumpul dan jalan-jalan tetapi kita ingin lebih dari itu, pentingnya pemberdayaan, edukasi, dan sinergi menjadi point utama di komunitas ayo explore indonesia. Seperti pemberdayaan, kita melatih anggota sesuai dengan bakat dan bidang nya masing-masing. bidang edukasi, kita melatih anggota belajar bahasa Inggris, dan tentu ini semua harus di sinergikan dengan pihak-pihak terkait seperti pemerintah. Di komunitas ayo explore Indonesia ini siapa saja boleh bergabung , tidak memandang suku, agama ras dan politik, semua bisa ikut bergabung asalkan mau. Di penghujung tahun 2020 ini kita berharap tahun 2021 lebih baik, tidak penting kita dari mana, latar belakang apa, yang terpenting sekarang setelah ini kita mau kemana, kita mau bawa kemana harapan-harapan kita, kita mau bawa kemana ” Ayo Explore Indonesia” tanamkan dalam diri kita dan mari kita wujudkan bersama. Itulah sederet kata-kata motivasi refeleksi akhir tahun dari Abdul Majid, yang akrab di sapa Loezawa. Refleksi akhir tahun tersebut diakhiri dengan doa dan makan bersama.
refleksi akhir tahun
Camping refleksi akhir tahun di dilaksanakan di pantai Nambung desa buwun mas kecamatan sekotong. Acara tersebut juga di rangkai dengan bersih-bersih pantai serta edukasi masyarakat mengenai penting nya menjaga kebersihan di daerah wisata.
“Yang pertama dilihat oleh wisatawan itu adalah kebersihan tempat wisata, maka dari itu kita mengajak masyarakat pentingnya menjaga kebersihan tempat wisata dari sampah-sampah plastik” ujar Loezawa disela-sela bersih pantai.
“Pantai Nambung ini punya potensi yang sangat bagus, dulu dikenal dengan air terjun laut, sekarang pengunjung sepi. Mari kita ajak masyarakat siapkan Sapta pesona daerah wisata agar wisatawan, pengunjung merasa nyaman dan aman” lanjutnya.
H. Fajar dan Loezawa Abdul Majjid
Sementara itu, kepala dusun Nambung, H.Fajar sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh komunitas “ayo explore Indonesia” ia berharap kegiatan tersebut terus dilakukan sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat. “Kami masyarakat Nambung berterimakasih atas kegiatan yang dilakukan oleh komunitas Ayo Explore Indonesia, tentu kita akan mengajak masyarakat untuk sadar akan kebersihan lingkungan di daerah wisata terutama masalah sampah” tuturnya.

Ia pun berharap pemerintah kembali memberikan perhatian kepada pantai Nambung untuk mendongkrak pariwisata yang dulu pernah ramai pada tahun 2014 yang digagas oleh Loezawa Abdul Majid. “Dulu pantai Nambung ini dikenal dengan air terjun laut, digagas oleh bapak Abdul Majid, ramai sekali, ekonomi masyarakat meningkat. Namun sekarang pengunjung sepi, kita berharap pemerintah kembali memberikan perhatian” lanjutnya.

Kedepan, komunitas Ayo Explore Indonesia akan terus mengedukasi masyarakat dengan mengunjungi tempat-tepat wisata. Pentingnya kesadaran masyarakat akan pengelolaan daerah wisata menjadi perhatian utama Komunitas Ayo Explore Indonesia disamping pemberdayaan, edukasi dan sinergi. Dalam kegiatan camping refeleksi akhir tahun, ikut serta Komunitas Pendaki Kalimantan(KPK) dan juga komunitas pecinta alam Lombok Timur.*hrs

Leave a reply