Candi Hindu Terbesar di Indonesia

In ajaib, budaya, rekor, sejarah 189 views
Gambar Candi Hindu terbesar di Indonesia
Photo : pojokmedia.com

Candi Hindu Terbesar di Indonesia – Indonesia kaya akan situs-situs bersejarah seperti candi. Daerah dengan candi terbanyak di Indonesia yaitu provinsi Jawa Tengah. Sementara di provinsi ini juga memiliki candi hindu terbesar di Indonesia.

Di Jawa Tengah dan Yogyakarta banyak sekali candi yang memiliki ukuran besar dan megah. Misalnya candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Sewu dan sebagainya. Namun untuk pemegang sebagai candi hindu terbesar di Indonesia yaitu candi Prambanan. Sementara yang menjadi situs candi Budha tertua di Indonesia yaitu candi Blandongan di Karawang, Jawa Barat.

candi prambanan sebagai candi hindu terbesar indonesia
Photo : pojokmedia.com

Candi adalah istilah dalam Bahasa Indonesia yang merujuk kepada sebuah bangunan keagamaan tempat ibadah peninggalan purbakala yang berasal dari peradaban Hindu-Buddha.

Bangunan ini digunakan sebagai tempat pemujaan dewa-dewi ataupun memuliakan Buddha. Akan tetapi, istilah ‘candi’ tidak hanya digunakan oleh masyarakat untuk menyebut tempat ibadah saja, banyak situs-situs purbakala non-religius dari masa Hindu-Buddha Indonesia klasik, baik sebagai istana (kraton), pemandian (petirtaan), gapura, dan sebagainya, juga disebut dengan istilah candi.

Mengapa  candi prambanan sebagai candi hindu terbesar di Indonesia?.Berikut ini akan pojok media uraikan.

foto bersama di kompleks candi prambanan
Photo Komplek candi: pojokmedia.com

Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten, kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta, 50 kilometer barat daya Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.  Letaknya sangat unik, Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten.

Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.

Foto teman saat di candi prambanan
Photo Candi: pojokmedia.com

Candi Prambanan atau Candi Rara Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Berdasarkan prasasti Siwagrha nama asli kompleks candi ini adalah Siwagrha (bahasa Sanskerta yang bermakna ‘Rumah Siwa’), dan memang di garbagriha (ruang utama) candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang menujukkan bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan. Wow,. PM/NA.

Tags: #menarik

author
Author: 
    3 Tempat Wisata di Banten Yang Mengagumkan
    3 Tempat Wisata di Banten Yang Mengagumkan
    3 Tempat wsiata Paling Indah di Banten
    Indonesia ! Bangsa Besarkah Kita?
    Indonesia ! Bangsa Besarkah Kita?
    Sebar.co.id – Indonesia adalah bangsa yang besar!
    15 Pesawat Kepresidenan Paling Mahal Dan Mewah Di Dunia
    15 Pesawat Kepresidenan Paling Mahal Dan Mewah Di Dunia
    Pesawat Kpresidenan termahal yang digunakan pemimpin suatu
    7 Tarian Tradisional Indonesia Yang Terkanal Dan Mendunuia
    7 Tarian Tradisional Indonesia Yang Terkanal Dan Mendunuia
    Jumlah tarian Tradisional Indonesia banyak sekali, setiap

    Leave a reply "Candi Hindu Terbesar di Indonesia"

    Must read×

    Top