Cara Menghadapi Razia/Operasi Polisi

In hukum, otomotif, traveling 137 views
tips cara menghadapi  razia dan tilang polisi
Gambar hanya sekedar ilustrasi

Pojok Media – Nglihat judulnya sedikit serem yah, hehe. Ini hanya sekedar iseng aja kok, namun mungkin penting juga untuk And abaca loh. Ketika kita bepergian salah satu resiko yang membuat was-was sehingga kita berusaha menghindarinya yaitu ke gap razia/operasi polisi. Namun, ini hanya terjadi pada pengendara lalu lintas yang belum memiliki SIM (surat izin mengemudi) atau surat-surat kendaraannya tidak lengkap ,dan tidak berlaku bagi pengendara yang memiliki SIM dan surat-surat lengkap.

Jika surat-surat Anda tidak lengkap dan di tengah jalan ke gap sama Razia/operasi polisi maka ada beberapa tips cara menghadapi  razia polisi tersebut.  Diantara solusi mengatasinya dapat Anda simak dalam uraian berikut:

Ketika kena razia, janganlah Anda panic dan seolah-olah ketakutan. Bersikaplah tenang dan percaya diri, namun jangan membentak atau melawan polisi jika posisi Anda sedang salah. Jika Anda menunjukkan rasa ketakutan dan panic, maka akan membuat polisi semakin leluasa mengintimidasi Anda. Kalau bisa bikin polisi kikuk di depan Anda.

Tunjukkan sikap bahwa Anda orang baik dan berpengalaman, lebih-lebih dibidang hukum.
Jawab semua petanyaan yang diberikan polisi dengan tegas.

Berikan alasan atas kesalahan Anda dengan mimik meyakinkan sehingga polisi percaya. Jika memang terjepit dan dibutuhkan rayu polisi dengan nada melas agar polisi kasian dan membebaskan Anda.

Jika kesalahan Anda hanya telat bayar pajak kendaraan saja, maka jangan mau di tilang atau dimintai denda. Karena pajak bukan wewenang polisi, itu adalah wewenang dinas perhubungan dan perpajakan.

Jika yang ngegap Anda hanyalah 1-2 polisi, coba tanyakan surat tugas razia kepada polisi tersebuat. Bisa saja polisi tersebut hanya cari uang jajan saja.

Jangan mau jika diminta bayar di tempat, mintalah surat tilang saja hal itu akan lebih baik dan bermanfaat karena jika ditilang kita akan bayar denda ke kas Negara sewaktu ambil surat-surat di pengadilan, namun jika bayar ditempat dan tidak dikasih surat tilang itu akan masuk ke kantong oknum polisi tersebut. Tetapi, jika Anda merasa kepepet cara bayar di tempat dirasa lebih menguntungkan itu boleh-boleh saja, tapi tidak dibenarkan. Hehey.

Jangan ngebut di jalanan, karena disamping membahayakan diri Anda, itu juga akan membahayakan pengendara lain. Berhati-hatilah dalam mengendarai kendaraan Anda.

Sebaiknya jadilah pengendara yang taat berlalu lintas dan lengkapi surat-surat dan kelengkapan lainya seperti SIM, helm, spion dan lainya sebelum berkendara di jalan raya. Ini akan membuat perjalanan Anda lebih aman dan nyaman tentunya.

Warga negara yang baik adalah warga Negara yang taat dan patuh pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tags: #menarik

author
Author: 
    3 Tempat Wisata di Banten Yang Mengagumkan
    3 Tempat Wisata di Banten Yang Mengagumkan
    3 Tempat wsiata Paling Indah di Banten

    Leave a reply "Cara Menghadapi Razia/Operasi Polisi"

    Must read×

    Top