Cegah Pernikahan Usia Anak, KKN Tematik Unram Desa Sukadana Gelar Sosialisasi Bahaya Pernikahan Usia Anak Melalui Media Film.

0
8

 

Mahasiswa Kuliah Kerja nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram (Unram) menggelar sosialisasi pernikahan usia anak di dusun batu tepak, desa sukadana kecamatan bayan lombok utara (8 /7/2022).

   Gaya Hidup Sehat (GHS) merupakan salah satu program kerja yang diangkat oleh kelompok KKN desa Sukadana. setelah beberapa kali kelompok KKN melakukan kunjungan untuk melihat permasalahan di beberapa dusun yang ada di desa Sukadana,  terdapat salah satu dusun yaitu dusun batu tepak melalui kadusnya Bapak Ramli menyarankan agar kelompok KKN membantu mensosialisasikan pencegahan pernikahan usia anak. Bapak Ramli mengungkapkan bahwa di dusun Batu tepak masih tinggi angka pernikahan usia anak, dan juga dusun batu tepak merupakan salah satu dusun yang masih tertinggal di wilayah desa Sukadana.

      Berangkat dari sana, kelompok KKN menggelar sosialisasi bahaya pernikahan usia anak melalui media film. Media Film dipilih agar menarik para masyarakat terutama remaja Dusun Batu Tepak untuk datang ke tempat sosialisasi.

    Sosialisasi dilaksanakan malam hari dengan mengusung konsep layar lebar, kegiatan dimulai dari pemutaram film dengan tema pernikahan usia anak dilanjutkan materi dan diakhiri dengan sesi tanya jawab bersama peserta.

    Kegiatan ini ternyata mendapat antusias yang cukup tinggi, terlihat dari banyak remaja yang hadir. Bahkan para orangtua ikut bergabung karena penasaran dengan film yang diputar. Dalam sesi tanya jawab pun para orangtua ikut bersemangat menjawab pertanyaan.

    Dalam hal ini, mahasiswa KKN Desa Sukadana berperan sebagai pemateri, dan juga perantara bagi para remaja dengan orangtuanya agar sama sama memiliki persepsi yang sama, bahwa pernikahan usia anak memiliki banyak sekali dampak negatif dan dapat menghentikan mimpi dari anak-anak mereka.

Adapun tujuan digelarnya sosialisasi ini, untuk memberikan pemahaman kepada peserta dalam menurunkan tingkat pernikahan usia anak, sekaligus menekankan kepada peserta agar mengutamkan pendidikan untuk anak di wilayah Batu Tepak.(fzi)

Leave a reply