Desa Taman Ayu, Alzeimar Dan Rumah Sakit Mata NTB Periksa dan Operasi Lansia

0
14

Minggu 16 Oktober 2021 sebar.co.id.  Pemerintah desa Taman Ayu bekerjasama dengan Alzheimer Indonesia dan rumah sakit mata Mataram Nusa Tenggara Barat melaksanakan kegiatan operasi mata katarak bagi lansia di Desa Taman Ayu. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya melaksanakan SDGS yang dicanangkan oleh pemerintah.  Dalam kegiatan tersebut sebanyak 12 lansia diperiksa dan di operasi dari sekitar  pukul 11.00 hingga 13.00 siang yang di rumah sakit mata Mataram

Kepala desa Taman Ayu Muhammad Tajudin menjelaskan bahwa kegiatan pemeriksaan mata bagi lansia di desa Taman Ayu sebenarnya sudah dicadangkan sejak 3 bulan yang lalu,  bekerjasama dengan Rumah Sakit mata Mataram, namun untuk proses operasinya dilakukan hari ini. Kegiatan ini mendapat atensi yang serius dari pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat, di hari yang sama Ibu Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat juga hadir melihat dan menyaksikan para lansia yang sedang mendapatkan perawatan

Hadir juga para volunteer Alzheimer Indonesia yang mendampingi para lansia sampai proses operasi berakhir.

“Kerjasama kami dengan pemerintah Desa Taman Ayu sudah terjalin sekitar 2 tahun banyak hal yang kita lakukan terutama untuk para lansia tidak hanya dalam hal kesehatan tapi juga dalam hal ketahanan ekonomi dan sosial baiq Wida Widyasuara yang mengkoordinir teman volunteer” kata salah satu Volunteer Alzaimar itu di sela-sela mendampingi lansia. Bila suami salah satu pasien yang sudah udah operasi sebelumnya mengaku sangat puas dengan pelayanan Pemerintah desa Taman Ayu, lanjutnya.

” Baru kali ini kami dilayani seperti ini Alhamdulillah dan mata saya yang sebelah yang sudah dioperasi sebelumnya sudah bisa melihat dengan jelas tinggal sebelahnya lagi” kata inaq Sami yang sudah berumur hampir 70 tahun lebih.

Warga Dusun Taman Desa Taman Ayu Kecamatan Gerung ini juga mengapresiasi langkah Kepala Desa Taman Ayu untuk melakukan inovasi terkait rencana usaha untuk Lansia.

” kita akan dikasih kain nanti, kain itu kita akan tempelkan daun-daun nanti akan dijual ke Belanda” Kata Muhamad Tajudi sambil senyum sumringah.

Dikatakan oleh Tajudin bahwa beberapa hari yang lalu pernah ada diskusi terkait pola pemberdayaan bagi Lansia Taman Ayu “kita akan kerjasama dengan Alzee terkait kain hasil dari kerajinan lansia dan akan dikirim ke Belanda Insyaallah beberapa minggu lagi kami akan diskusikan lebih praktis terkait pola manajemennya” Katanya.

Leave a reply