Forum Silaturahmi Pembonsai Gerung Mengorbit

0
117

Forum Silaturahmi Pembonsai Gerung (Fosil Pagar) di Lombok Barat mengorbit

30 Juni_ Giri Menang (SebarNews). Komunitas Pembonsai Lombok Barat menunjukkan eksistensinya. Forum Silaturahmi Pembonsai Gerung (Fosil Pagar) adakan diskusi dengan tema “ Kreativitas pambonsai Lombok”, acara diadakan di Gedung Serba Guna Gerung. Acara kali ini mengahadirkan narasumber kompeten master Jeni Bonsai dan dihadiri oleh para penggiat bonsai, komunitas fotografi dan para jurnalis.
Dibuka oleh moderator dengan menjabarkan filosofi Lombok Mirah Sasak Adi kepada para peserta. “Sasak artinya yang satu, pajtcu, lurus dan menjaga sopan santun” Katanya.
Acara ini dihajatkan untuk memupuk tali silaturahmi antar pembonsai sepulau Lombok. “ komoditas pohon bonsai lombok sangatlah bernilai tinggi, berbeda dengan komoditi-komoditi di luar pulau lombok” Kata Ketua Panitia mas winanto. Ia mengharapkan dengan diadakannya acara ini para pembonsai baik individu maupun komunitas mendapatkan ilmu dari Jeni Bonsai. Simulai-simulasi yang dipraktikkan oleh master Jeni dapat disaksikan dan dipraktikkan di rumah masing-masing.
Jeni Bonsai adalah pembonsai Internasionall yang sengaja dihadirkan oleh panitia guna membagi ilmu dan pengalamannya. Dalam sesi demonstrasi beliau mengatakan “ antar sesama pembonsai harus saling menghormati, tidak ada pembonsai pemula dan tidak ada pembonsai senior. Sebab karya seni tidak ada istilah benar dan salah, seni dan keindahan adalah milik semua orang dengan sudut pandang yang berbeda-beda”. Bergelut di dunia pembonsaian harus memiliki jiwa penyabar, karena seni bonsai bukan mencari salah benar namun nilai artistik setiap Komunitas berbeda beda sesuai sudut pandang mereka.
Acara yang dihadiri lebih dari seratus peserta ini berjalan Khidmat, tampak para peserta memperhatikan dengan seksama persentasi dan simulasi bagaimana cara memburu dan bagaimana cara merawat secara bijak oleh pemateri. (Asdp)

Leave a reply