Giat Persatuan Pemuda Kanak Lemer Di Akhir Ramadhan

0
87

GIAT PERSATUAN PEMUDA KANAK LEMER (KALEM) DI AKHIR RAMADHAN: SANTUNAN FAKIR MISKIN DAN JANDA/DUDA.

Sebarnews_ (31 Mei 2019) – Santunan kali ini adalah lanjutan dari santunan tempo hari yang diadakan di masjid Baital Atiq Dusun Lemer, kali ini kegiatan dipusatkan di masjid Baiturrahman Lemer Daye.

Ada yang berbeda dengan santunan kali ini. Baik dari sumber maupun jumlah penerima, support kali ini berasal dari BKAD Kecamatan sekotong dan dari para donatur yang dikumpulkan cukup lama oleh Persatuan Pemuda Kanak Lemer, penerima pun hanya berasal dari Fakir miskin dan Janda/duda tua, berbeda dengan sebelumnya mencakupi Fakir miskin, janda/duda tua dan anak yatim. Jumlah penerima kali ini juga bisa mencover semua fakir miskin dan Janda/duda sesuai data yang dimiliki oleh Kepala Dusun setempat.

“Jumlah total penerima adalah 59 orang, baik dari kalangan fakir miskin, janda/duda, data tersebut kami dapatkan dari Kepala Dusun Lemer yang memang sudah mempunyai data jumlah fakir miskin dan Janda/duda yang berdomisili disini” ucap komar suaidy selaku ketua Persatuan Pemuda Kanak Lemer.

Lebih lanjut, Muhsan yang merupakan bendahara satu dari Persatuan Pemuda Kanak Lemer menjelaskan bahwa Persatuan Pemuda Kanak Lemer mempunyai beberapa KAS yang bersumber dari Iuran wajib anggota dan dari para donatur.

“Pada santunan kali ini, semua santunan yg kami adakan berasal dari para donatur yang mempercayakan kepada kami untuk menyalurkannya, kami berbuat semata-mata mengharap Ridho Allah, tak ada pengambilan 2% persen untuk amil yang memang dibolehkan dalam agama, kami mau belajar ikhlas dan agar para donatur merasa nyaman mempercayakan sadaqahnya kepada kami” katanya sambil tersenyum.

Lebih lanjut muhsan menjelaskan iuran anggota Persatuan Pemuda Kanak Lemer digunakan untuk operasional kegiatan-kegiatan santunan ataupun kegiatan sosial dan keagamaan lainnya,sedangkan dana yang berasal dari para donatur mempunyai dua post penggunaan, pembelian Alquraan/Iqra dan untuk mereka yg membutuhkan.

Kegiatan santunan semacam ini rutin dilakukan setiap tahun oleh anak-anak muda posok yang tergabung dalam Persatuan Pemuda Kanak Lemer, kadang sampai 2-3 kali setahun tergantung donasi yang dikumpulkan.

“Kami hanya melakukan penggalangan dana kalau ada kejadian-kejadian luar biasa, misalnya seperti bencana alam, selebihnya para donatur sudah mengetahui kegiatan para Pemuda KALEM (Kanak Lemer-Red) sehingga mereka merasa yakin menyerahkan kepada kami untuk kami salurkan kepada para penerima yang memang berhak” ucap upank, wakil ketua dari Persatuan Pemuda Kanak Lemer.

(SA)

Leave a reply