Hadiri Pelantikan DPC SAPANA Lombok Barat, Bupati: Pariwisata Tanggung jawab Kita Bersama

0
2
    Gerung, 15 Februari 2021

    Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Sahabat Pariwisata Nusantara (SAPANA) NTB, Lalu Puguh Mulawarman, melantik dan mengukuhkan Pengurus DPC Sapana Lombok Barat yang diketuai oleh Lalu Ratmawa Wirajuna di Aula Pertemuan Ujung Landasan By Pas Lombok barat Senin (25/02/2021).

    Hadir dalam acara tersebut Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khlid, Ibu Bupati Lombok Barat Hj Khaeratun Fauzan Khalid selaku Dewan Pembina SAPANA Lombok Barat, Ketua Umum DPP SAPANA Furqon Ermansyah, Anggota DPRD Lombok Barat H. Abdul Majid dan sejumlah praktisi serta pengurus DPC SAPANA lainnya.

    Ketua umum DPP Sapana Furqon Ermansyah dalam sambutannya menyampaikan sejak awal didirikannya SAPANA sudah banyak kegiatan yang dilakukan mulai dari kegiatan sosial hingga kegiatan kepariwisataan

    “Alhamdulillah semenjak kami terbentuk, kami aktif melakukan berbagai kegiatan, bukan hanya tentang pariwisata tapi mulai dari kegiatan social, bersih bersih hingga bantuan bencana disekotong” ujar furqon

    Furqon menyampaikan dimasa covid ini, sapana ingin membangkitkan pariwisata NTB, salah satunya dengan mendorong UMKM yang ada termasuk di Lombok barat.

    ‘’Potensi UMKM kita di Lombok barat di bidang pariwisata ini cukup tinggi, banyak pengrajin yang tidak banyak dimiliki oleh jawa dan NTT seperti pengrajin keramik, gerabah, anyaman ketak dan lainya karena itu kami minta agar aset yang ada di lombok barat ini dijaga’’
    “Kita ingin berkolaborasi dengan pemerintah Lombok barat melalui stakeholder yang ada untuk memajukan pariwisata kita” tutup Furqon.

    Dalam sambutannya Bupati Lombok Barat H. fauzan Khalid menyampaikan, membangun pariwisata tersebut harus dengan kebersamaan dan gotong royong, perlu keterlibatan semua pihak selain pemerintah, pelaku dan juga masyarakat. Bupati mencontohkan gotong royong dan kebersihan yang menjadi salah satu aspek pariwisata, bagaimanapun pemerintah mendukung namun bila masyarakat tidak mendukung maka tidak akan bisa berjalan sesuai dengan harapan.

    ‘’Pariwisata ini tanggung jawab kita bersama, pemerintah tidak bisa sendiri, harus bergerak bersama, karena itu bagian dari prasyarat majunya pariwisata kita’’ ujar Bupati.

    Bupati, Fauzan berharap, lahirnya sapana di Lombok Barat ini merupakan wadah untuk saling mendukung kemajuan pariwisata, sebagai sarana berkomunikasi dan berkoordinasi dengan para pelaku lainya dengan mendorong prilaku yang bersahabat sesuai dengan penjabaran kata ‘’sahabat’’ dari nama sapana itu sendiri .

    “sebagai sahabat kita harus saling dukung, bukan saling menyalahkan. pemerintah tidak mampu tanpa peran serta masyarakat, kolaborasi sangat kita butuhkan, mari bersama menjadi yang terdepan mari sama sama bergerak, tidak saling menunggu untuk kemajuan pariwisata kita’’ tegas Bupati.

    Sedangkan, Ketua DPD SAPANA NTB Lalu Puguh Mulawarman mengungkapkan, adapun tujuan utama Sapana dibentuk adalah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata demi terbentuknya pariwisata yang menerapkan sapta pesona dalam kehidupan sehari hari.
    “Momen pandemi ini adalah saat yang sangat tepat bagi seluruh sumber daya pariwisata untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas diri dalam menyambut wisatawan pasca pandemi yang diyakini akan sangat banyak” paparnya.

    “Kepada Pengurus DPC yang baru dilantik diharapkan untuk segera menyusun langkah sinergi dan kolaborasi dengan stakeholder pariwisata di Lombok barat juga organisasi, individu, ataupun pemerintah,”tutupnya.
    Pengukuhan DPC Sapana Lombok Barat merupakan yang ke empat, sebelumnya sudah dikukuhkan di kabupaten Lombok tengah, lombok timur dan kota Mataram.

Leave a reply