Jet Tempur SU-35 Indonesia Dari Rusia Segera Dikirim

In Alutsista, Militer 295 views

POJOKMEDIA.COM; Berita tentang rencana Indonesia membeli pesawat tempur canggih masa kini Jet SU-35 dari Rusia sudah lama beredar. Namun hingga sekarang belum juga peawat handal super canggih tersebut bisa digunakan TNI untuk memperkuat pertahanan udara RI.

Namun kabarnya kedua belah pihak baik Indonesia dan Rusia menunjukkan jika keduanya tidak main-maian dalam kerja sama ini. Kabar terbaru mengatakan bahwa perundingan sudah pasti Indonesia akan membeli 8 Unit SU-35, hanya masih perlu selangkah lagi untuk menyelesaikan beberapa kesepakatan seperti kesepakatan transfer teknologi pesawat SU-35 yang nanti akan didapat oleh Indonesia.

Dalam pernyataanya, Wahid Supriyadi , selaku Duta Besar Indonesia untuk Rusia menekankan, pada dasarnya Rusia dan Indonesia sudah menyelesaikan tahap akhir persyaratan kontrak untuk bisa membeli pesawat tempur Su-35, terutama pengalihan transfer teknologi Su-35 ke Indonesia yang mana menjadi satu paket dalam kontrak pembelian.

Pesawat tempur SU-35 Rusia untuk Indonesia

Namun, Wahid Supriyadi masih belum memberi kejelasan bagaimana nantinya Indonesia bisa memproduksi (komponen) Su-35 setelah mendapatkan transfer teknologi, tetapi Wahid Supriyadi dapat mengkonfirmasi bahwa tidak diragukan lagi Indonesia akan membeli 8 unit Su-35 Rusia. Kedatangan SU-35 dari Rusia ini diharapkan akan dapat menambah kekuatan TNI AU dalam menjaga wilayah Udara RI.

Duber Wahid Supriyadi menambahkan, ini adalah Phase pertama dari kerjasama kedua negara dibidang pembelian Su-35, sementara Phase 2 adalah kerjasama transfer teknologi untuk meningkatkan industri pertahanan Indonesia.

Baca juga 5 Pesawat Tempur Canggih Paling Mematikan Di Dunia

Kita tahu sebagaimana tercantum sesuai ketentuan hukum di Indonesia, peralatan militer yang dibeli harus disertai dengan transfer teknologi.

Setelah kontrak pembelian pesawat Su-35 disepakati, Rusia secepatnya segera mengirim pesawat-pesawat jet tempur Su-35 ke Indonesia. Pengiriman yang tanggalnya belum diungkap ini akan menjadi yang pertama dari rangkaian produk pertahanan Rusia yang ditawarkan.

Rencana pengiriman itu diumumukan pihak perusahaan pertahanan Rusia, Rostec, di acara Langkawi International Maritime & Aerospace Exhibition (LIMA) di Malaysia, hari Rabu, 22/3/2017.

Pemerintah Indonesia sendiri memutuskan untuk membeli Su-35 setelah kedua negara mencapai kesepakatan untuk melepaskan simpul yang paling sulit, yakni Rusia setidaknya harus mentransfer 35% dari teknologi Su-35.

Spesifikasi jet tempur Su-35 Rusia yang akan dikirim ke Indonesia

Kenapa Indonesia memilih SU-35? Ini karena pesawat tempur ini memiliki teknologi yang sangat modern dan banyak keunggulan yang dimilikinya dibanding pesawat sejenis, Pesawat ini juga dianggap sesuai dengan wilayah geografis Indonesia. Dan yang tak kalah menariknya lagi, Indonesia akan menerima transfer teknologi SU-35 Rusia ini yang nantinya jelas akan bermanfaat untuk Negara.

Bukti keunggulan Su35 yang nyata saat ini adalah tercatat sebagai pesawat tempur yang paling popular didunia, apalagi setelah menyelesaikan misi yang diklaim Rusia melakukan efisiensi tempur yang sangat tinggi di Suriah.

Dubes RI juga menegaskan, setelah Rusia menyelesaikan isu-isu transfer teknologi, sekarang prosedur penyelesaian akhir yang tersisa adalah menandatangani kontrak secara resmi.

Jet tempur Canggih Su-35 Indonesia rencananya akan menggantikan jet tempur buatan Amerika Serikat F5 E/F Tiger II yang sudah uzur masa operasinya.

Sedangkan menurut riset IHS,  Indonesia akan menghabiskan lebih dari USD20 miliar untuk pengadaan alat pertahanan pada 2016 hingga 2025. Jumlah itu mencatatkan anggaran pertahanan Indonesia masuk lima besar dunia yang tumbuh secara cepat.

Setelah kesepakatan ini, kini Su-35 Rusia siap beroperasi di udara Indonesia, sayang tidak disebutkan kapan tanggal dan bulan pengiriman itu akan dilakukan, namun jelas ini menjadi kabar baik untuk kedua Negara. Semoga !

Tags: #alutsista #militer #senjata

author
Author: 
    Militer Filipina Buat Malaysia Ketar-Ketir, Ini Alasanya
    Militer Filipina Buat Malaysia Ketar-Ketir, Ini Alasanya
    Militer Filipina membuat Malaysia ketar-ketir dan was-was
    Resmi Indonesia Beli Pesawat Tempur SU-35 Rusia
    Resmi Indonesia Beli Pesawat Tempur SU-35 Rusia
    Desas desus rencana pembelian pesawat tempur TNI
    Amerika Dan Rusia Jadikan Suriah Sebagai Promosi Alutsista
    Amerika Dan Rusia Jadikan Suriah Sebagai Promosi Alutsista
    Amerika dan Rusia sama-sama mengambil peran dalam perang
    Ternyata Amerika Mengambil Keuntungan Atas Krisis Qatar Dan Arab Saudi CS
    Ternyata Amerika Mengambil Keuntungan Atas Krisis Qatar Dan Arab Saudi CS
    International sebar.co.id – Di tengah ketegangan antara

    Leave a reply "Jet Tempur SU-35 Indonesia Dari Rusia Segera Dikirim"

    Must read×

    Top