Kades Pandemi: Antara Harapan Dan Kenyataan

0
12

Oleh: Bohri Rahman

(Ketua Karang Taruna Mareje Timur)

Desa adalah entitas politik terkecil di negara Indonesia. Desa memiliki otonomi untuk memutuskan, mengatur dan menentukan arah pembangunan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang dikelolanya. Desa merupakan lilin-lilin kecil pembangunan Negeri yang menjadi garda terdepan dalam proses pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

 

Di Kabupaten Lombok Barat pada hari Kamis 19 Agustus 2021 terdapat 24 Kepala Desa terpilih telah dilantik di pusat pemerintahan Kabupaten Lombok Barat. Dari para pemimpin baru itu terdapat harapan besar masyarakat untuk masa depan anak cucu mereka. Masyarakat menaruh kepercayaan melalui proses pemilihan umum yang demokratis. Kepala Desa diberikan kepercayaan melalui terwujudnya visi dan misinya sebagai jaminan kesejahteraan masyarakat desa.

 

Kepala di masa Pandemi Covid-19 memiliki beban ganda terutama bagaimana mengkonsolidasikan kekuasaan dengan memberdayakan setiap organ-organ desa, perwakilan masyarakat dan Badan Permasyarakatan Desa (BPD). Di sisi lain problem Pandemi memberikan beban ikutan karena mau tidak mau visi misi yang telah dirancang sedemikian rupa harus tersendat oleh Surat Edaran Menteri yang sewaktu waktu akan mengurangi wewenang Kepala Desa atas Anggaran yang sudah disepakati dalam Musyawarah Desa baik dalam proses pembentukan RKP dan APBDes. Oleh sebab itulah Kepala Desa terpilih tidak boleh lengah di tengah Pandemi ini.

 

Mereka harus memiliki imajinasi kreatif memanfaatkan segala sumberdaya dan jaringan yang dimiliki guna mewujudkan visi dan misinya dalam satu periode kepemimpinan. Jika Kepala Desa terpilih hari ini terlena oleh Power Sindrom maka proses pembangunan masyarakat desa tidak akan efektif. Imbasnya adalah kepercayaan masyarakat terhadap Kepala Desa terpilih dan Kepala Desa selanjutnya akan rusak.

 

Akhirnya, Pelantikan Kepala Desa terpilih Tahun 2021 di Masa ini adalah harapan bersama Kabupaten Lombok Barat dan Masyarakat desa secara khusus untuk selalu optimis membangun Daerah tercinta. Kepala Desa terpilih diharapkan jadi Kepala Desa yang dapat mengemban amanah dengan baik sesuai dengan harapan masyarakat Dan tentunya tetap berpegang pada kebenaran.

Leave a reply