KMPB Taman Ayu melakukan Pemetaan Kebencanaan

0
11

Selasa, 15/06/2021 (sebar.co.id)

Dalam rangka tindak lanjut rencana aksi bersama masyarakat untuk kegiatan kebencanaan, Kelompok Masyarakat Peduli Bencana (KMPB) Desa Taman Ayu melaksanakan rapat koordinasi terkait Protap Penanggulangan Bencana di Aula BPD Taman Ayu.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua BPD dan anggota, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama. Penyusunan Protap (prosedur tetap) kebencanaan ini diharapkan mampu menjawab tantangan alam yang akhir akhir ini menimpa wilayah Taman Ayu. “kita berharap ini tidak hanya sebatas kajian kajian dan rapat koordinasi saja, tapi juga ada langkah serius pemerintah dalam penanganan Bencana di Taman Ayu, terutama Abrasi, Sampah dan Penghijauan” jelas Sarahan, Ketua BPD Taman Ayu.

Lebih lanjut Ketua BPD Taman Ayu menjelaskan “telihat dari status rencana aksi, hampir semua berstatus “lama” yang “baru” hanya satu yaitu penanganan limbah PLTU, ini berarti kurangnya follow up Pemerintah dalam kebencanaan. Katanya.

Pada rapat yang dihadiri oleh 15 orang ini menghasilkan Sembilan rencana kegiatan diantaranya, Normalisasi saluran, Pemecah ombak, paerbaikan drainase, mobil sampah, penghijauan, sumur dangkal, penanganan limbah dan bronjong pinggir sungai.

Pada saat yang sama, Kepala Desa Taman Ayu mengamini pernyataan ketua BPD. Menurutnya usulan usulan pemerintah Desa melalui Musrembang dan rapat-rapat koordinasi seringkali kurang mendapat tanggapan. “sejak menjabat Kepala Desa, Abrasi ini selalu menjadi keluhan kami ke DLH (Dinas lingkungan Hidup) Kabupaten Lombok Barat, Namun sampai saat ini masih belum ada jawaban pasti. Jelasnya.

Disisi lain, masyarakat sedang giat giatnya melaksanakan kegiatan kebersihan. Terbukti dari munculnya beberapa komunitas cinta kebersihan di tengah-tengah masyarakat. “ada beberapa pemuda yang membuat perkumpulan untuk melakukan pembersihan lingkungan, dan ini sangat kami dukung dan terus kami fasilitasi semampunya. Karena ini berkaitan dengan tujuan SDGs yang keempat yaitu mewujudkan Desa yang Peduli Lingkungan” Kata Tajudin.

Kegiatatan yang berakhir pukul 12 : 00 Wita ini kemudian membuat Prosedur Tetap Penanggulangan Bencana Desa Taman Ayu sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan kebencanaan berbasis partisipasi Masyarakat.

Leave a reply