Loading...

10 Tanda Baik Untuk Sebuah Harga Diri

Di lifestyle, Opini 192 views

Apakah Harga Diri itu, dan Bagaimana harga diri itu bisa kita jaga dan tetap bertahan dan menuju kearah positif? Jawabannya ada pada komitmen anda sendiri.

Setiap orang pasti memiliki bentuk harga diri yang di junjung tinggi tak hanya oleh dirinya sendiri tetapi juga orang lain. Dan dengan alasan apapun pasti tak ada yang mau atau bahkan menginginkan harga dirinya tidak di hargai atau di injak-injak oleh orang lain, dan itu wajar. Bukan hanya sekedar prestise yang di junjung tinggi sebagai gengsi tapi lebih kepada kepribadian seseorang di mata orang lain dan dirinya sendiri tentunya. Dan hal itu tidak serta merta melekat pada diri seseorang apabila yang empunya pribadi tidak mengenali, membangun dan menjaganya. Harga diri berbeda dengan hak asasi yang telah melekat pada diri setiap individu yang di bawanya sejak lahir. Dan itu mutlak. Lain dengan harga diri. Bisa datang dan pergi bila tidak pandai-pandai dalam menjaganya. Ambil contoh kecil saja, seorang pejabat yang dengan pangkatnya di hormati dan di hargai oleh rakyat. Bukan karena tingginya pangkat dan kedudukan melainkan karena ia pejabat yang baik, mampu menjalankan amanat rakyat yang di embannya, dan bisa membawa perubahan kearah perbaiakan. Namun apa yang terjadi setelahh ia ketahuan melakukan korupsi, memanipulasi dana pembangunan, melakukan suap dan sebagainya? Apakah rakyatnya masih menghormatinya seperti sebelum ia melakukan itu? Saya yakin anda sudah punya jawabannya.

berjuang menjaga harga diri
Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, harga diri adalah pandangan keseluruhan dari individu tentang dirinya sendiri. Penghargaan diri juga kadang dinamakan martabat diri atau gambaran diri. Misalnya, anak dengan penghargaan diri yang tinggi mungkin tidak hanya memandang dirinya sebagai seseorang, tetapi juga sebagai seseorang yang baik. Dan sebaliknya, anak dengan penghargaan rendah terhadap dirinya sendiri akan menganggap dirinya sebagai seorang yang buruk bahkan tak berguna atau yang sering di sebut dengan rendah diri. Kebalikan dari harga diri.

Dan untuk mengetahui kearah mana penghargaan diri itu tertuju, apakah kearah positif yang berujung pada harga diri atau sebaliknya kearah negatif yang berujung pada rendah diri, Berikut kami sajikan bentuk tanda baik sebuah harga diri ( di kutip dari; Setyawan, A. 2004. S*ks Gadis. Yogyakarta. Galang press).

  1. Memiliki kepercayaan yang kuat terhadap nilai dan prinsip tertentu dan siap mempertahankan nilai dan prinsip itu sekalipun dihadapan pihak yang berlawanan dengannya. Tetapi lebih dari itu,ia tetap merasa aman untuk mengubah nilai dan prinsip jika data da pengalaman baru dengan jelas menunjukkan kelirunya nilaii dan prinsip yang dipeluknya.
  2. Mampu bertindak seturut yang ia pandang pantas dan tepat, percaya pada keputusannya sendiri tanpa di hantui rasa bersalah jika orang lain tidak menyetujuii tindakannya.
  3. Tidak membuang waktu secara berlebihan untuk merasa khawatir akann masa lalu maupun masa depan. Belajar dari masa lalu dan merencanakan masa depan, tetapi tetap hidup dengan sadar dalam kekinian: sekarang ini dan disini.
  4. Percaya pada kemempuan diri untuk memecahkan masalahnya sendiri tanpa gampang kehilangan keberanian ditengah-tengah kesulitan dan kegagalan, tetapi ia juga siap meminta bantuan kepada orang lain ketika ia sungguh memerlukannya.
  5. Sebagai seorang pribadi menganggap dan sungguh merasa sejajar dengan orang lain betapapun mereka begitu penting; ia tidak merasa superior, tetapi juga tidak merasa inferior. Ia juga mengakui perbedaan yang memang ada dalam hal bakat tertentu, status ekonomi maupun profesi dan sebagainya.
  6. Yakin bahwa ia menarik dan begitu berharga bagi orang lain, sekurang-kurangnya bagi teman dekatnya.
  7. Akan berusaha agar tidak membiarkan diri di manipulasi, meskipun tetap mau bekerja sama dan membantu jika di butuhkan.
  8. Sadar diri dan menerima bahwa ada bermacam-macam emosi dan rangsangan, baik positif maupun negatif, menyenangkan atau tidak menyenangkan, dan siap menyatakannya pada orang lain yang dipercayanya jika ia menganggapnya pantas dan mau menyatakannya.
  9. Mampu menikmati kegiatan yang bermacam-macam seperti bekerja, membaca, bermain, bercakap-cakap berjalan-jalan, dan bahkan ketika “tidak berbuat apa-apa” sekalipun.
  10. Peka terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain, tanggap pada norma-norma yang masuk akal dan di terima umum dalam hubungan sosialnya. Memahami benar bahwa ia tidak punya hak untuk mengambil keuntungan dari orang lain atau menyenangkan diri dengan mengorbankan orang lain.

Dan itulah tanda-tanda harga diri yang positif untuk anda, semoga apa yang kami bagikan tersebut dapat berguna.

Loading...

Tags: #pendidikan #tips

Cara Efektif Belajar Cepat Dan Cerdas
Cara Efektif Belajar Cepat Dan Cerdas
Cara efektif belajar cepat dan cerdas menjadi
Benarkah Pancasila Sangat Berarti Untuk Indonesia?
Benarkah Pancasila Sangat Berarti Untuk Indonesia?
Para Pendiri Bangsa ini telah merumuskan Pancasila
Indonesia ! Bangsa Besarkah Kita?
Indonesia ! Bangsa Besarkah Kita?
Sebar.co.id – Indonesia adalah bangsa yang besar!
Ini Cara Memakai High Heels Yang Benar
Ini Cara Memakai High Heels Yang Benar
High Heels menjadi salah satu trend fashion

Komentar ditutup.

Baca Juga×

Top