Mahasiswa KKN RPL Unram gelar pelatihan pembuatan pupuk kompos di Desa Setiling

0
10

Kamis, 7 juli 2022 kelompok mahasiswa KKN Rumah Pangan Lestari (RPL) Universitas Mataram Tahun 2022 mengadakan pelatihan pembuatan pupuk kompos untuk masyarakat di Dusun Pesantek Daye Desa Setiling Batu Keliang Utara, turut hadir sebagai narasumber Imran Rosadi faounder dari Produksi Pupuk Organik NTB.

Pelatihan pembuatan pupuk kompos tersebut mengingat banyaknya kotoran ternak dan dedaunan yang sering kali menjadi masalah bagi masyarakat sehingga pelatihan pembuatan kompos menjadi salah satu solusi yang ditawarkan oleh mahasiswa KKN untuk bisa mengolah menjadi produksi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“pelatihan ini dilakukan karna mayoritas penduduk yang berprofesi sebagai peternak dan pekebun sehingga banyaknya kotoran ternak dan dedaunan yang terdapat di Dusun ini menjadi salah satu potensi yang bisa dikembangkan menjadi pupuk kompos dan bisa meringankan beban masyarakat” ucap ketua kelompok KKN RPL dalam sambutan.

Pelatihan pembuatan kompos ini juga menjadi solusi bagi masyarakat pesantek daye ditengah kelangkaan pupuk kimia yang sering menjadi masalah belakangan ini, sehingga kebutuhan masyarakat tidak tercukupi dan berpengaruh kepada hasil produksi masyarakat dibidang pertanian.

Dalam pelatihan pembuatan pupuk kompos ini masyarakat dilatih mulai dari pembuatan POC (Pupuk Kompos Organik Cair) dengan memanfaatkan limbah dapur dan sisa-sisa makanan serta pupuk organik non cair yang memanfaatkan kotoran ternak serta dedaunan.(fzi)

Leave a reply