Motivasi Kerja Di Masa Pandemi Covid19

0
7

Oleh : Muhayadi
Saya awali dengan mengajak semua sahabat dan rekan – rekan dengan menyampaikan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, sebab di dalam setiap keadaan tak terputus nikmatNya dan sesungguhnya semua hal yang terjadi adalah kehendaknya.
Berikutnya saya mengajak untuk memanjatka do’a semoga kita semua selalu mendapatkan kebaikan dalam setiap keadaan. Wabah pandemi yang telah banyak mempengaruhi perubahan dalam semua lini kehidupan terutama di dunia bisnis semoga juga segera berlalu.
Kita tidak bisa menghindar dari kenyataan hidup, Yang ada adalah kita harus pandai menghadirkan solusi. Tetap semangat dan selalu yakin pada pertolongan Tuhan.
Yang penting juga kita butuhkan di masa pandemi adalah MOTIVASI. Motivasi yang bermanfaat untuk membuat kita kuat, siap serta mampu utuk terus berpacu meraih kemajuan.
Motivasi dari dalam diri kita juga motivasi dari ekternal kita, keluarga, sahabat atau bahkan perumpaan – perumpamaan dari alam semesta. Motivasi dari dalam diri bisa muncul dengan uapaya kita yang terus menerus menanamkan keyakinan akan pertolongan Tuhan, kesadaran bahwa perubahan adalah keniscayaan dan hidup harus di perjuangkan, Motivasi ekternal bisa kita dapatkan dari diskusi, membaca buku perjuangan, cerita sukses story orang lain, ceramah agama.
“The tragedy in life doesn’t lie in not reaching your goal. The tragedy lies in having no goal to reach” – Benjamin Mays
(Tragedi dalam hidup bukan ketika kamu tidak bisa mencapai tujuan. Tragedi dalam hidup ialah ketika kamu tidak mempunyai tujuan) – Benjamin Mays
Kata – kata motivasi dari Benjamin Mays ini sangat meanarik untuk kita kaji dan jadikan motivasi. Betapa kita tidak pernah membayangkan sebelumnya wabah pandemi covid 19 yang melanda dunia telah membuat banyak orang nyaris putus asa.
Namun perlu kita ingat dan sadari bahwa pandemi jika itu kita sepakati sebagai bagian dari tragedi tidak boleh merubah tujuan kita. Pandemi hanya boleh merubah strategi kita. Sehingga target – target koperasi akan tetap tercapai. Tercapai dengan nuansa yang lebih berempati.
Akhirnya saya ingin menyimpulkan beberapa hal dalam kesempatan ini yang saya harapkan dapat mengokohkan motivasi kita bersama dalam bekerja dimasa pandemi ini , yaitu :
Memperbaiki hubungan dengan Tuhan sembari mengharapkan pertolonganNya ( vertikal )
Memperkuat KOLABORASI -hubungan emosional antar rekan kerja (Horizontal)
Meningkatkan empati pada anggota maupun mitra kerja lainnya
Tidak lelah berinovasi dalam rangka membangun strategi jitu dalam bisnis
Sengsara atau motivasi diri kamu sendiri. Apapun yang akan dilakukan, itu menjadi pilihan kamu – Wayne Dyer
Lembar, Agustus 2021
Salam Koperasi
Sehat Semangat Sejahtera

Leave a reply