PEMANFAATAN BAHAN TIDAK PRODUKTIF MENJADI PRODUK YANG MEMILIKI NILAI EKONOMI TINGGI OLEH KKN TEMATIK DESAPRENEUR UNRAM di DESA SETILING

0
9

Setiling- KKN Tematik UNRAM bidang DesaPreneur mengadakan KKN di Desa Setiling, Desa yang terletak di ujung utara Lombok Tengah. Setiling memiliki potensi sumber daya alam yang sangat luar biasa kaya mulai dari alamnya yang indah, hasil kebun yang beragam dan berlimpah serta masyarakatnya yang ramah.

Kekayaan desa setiling menjadi daya tarik tersendiri bagai mahasiswa KKN UNRAM sehingga dari kelompok KKN Tematik DesaPrenuer 2022 mengadakan “Sosialisasi dan Pelatikan Pengolahan Labu Siam menjadi Keripik”

Pemilihan labu siam sebagai bahan utama dalam pembuatan keripik ini di dasarkan atas melimpahnya labu siam di desa setiling, namun keberlimpahan tersebut tidak diimbangi dengan harga yang memadai.

Menurut bapak Hamid (penjual labu siam), “harga labu siam akhir-akhir ini mengalami penurunan sangat tinggi, satu karung yang ukuran 30 Kg harganya bisa mencapai 25 sampai dengan 30 ribu rupiah”. Sedangkan waktu dan tenaga yang di keluarkan untuk menanam dan merawat labu siam ini cukup besar sehingga pengorbanan tidak berbanding lurus dengan hasil yang di dapatkan.

“ Hadirnya KKN Tematik UNRAM bidang DesaPreneur adalah untuk mencoba memecahkan masalah yang terjadi di masayarat dengan cara memanfaatkan produk yang dipandang sebelah mata menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi sehingga dapat membantu perekonomian masyarat di Desa Setiling”. Ujara ketua kelompok KKN bidang DesaPreneur UNRAM.

Sosialisasi dan Pelatihan pengolahan labu siam menjadi keripik oleh KKN UNRAM (6/7) mendapatkan respon hangat dari masyarakat di Desa Setiling dan masyarakat sangat antusias dalam pelatihan tersebut, terbukti dari banyaknya perwakilan warga dari masing-masing dusun yang hadir dalam pelatihan ini.

Lalu Nurman selaku Sekretaris Desa “berharap dengan adanaya terobosan baru dari KKN UNRAM dapat menjadi tambahan ilmu dan bisa diaplikasikan untuk mendukung ekonomi masyarakat ke arah yang lebih baik.

Pelatihan yang di laksanakan di Gedung Serba Guna Kantor Desa Setiling tersebut diikuti oleh ibu-ibu yang ada di Desa Setiling, Staf Desa, dan Perwakilan KTI. Selain sebagai upaya pemanfaatan sumber daya lokal, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dengan mengembangkan peluang usaha yang ada. Disamping memang mayoritas masyarakat berprofesi sebagai pedagang.

Leave a reply