Pemeriksaan Kesehatan Lansia Kerjasama Desa Taman Ayu Dan Universitas Al-Azhar Mataram

0
30

Selasa, 15 Juni 2021 (sebar.co.id)
Perkembangan dan penularan penyakit sangat rentan terjadi kepada Para lansia. Oleh karena itu, Pemerintah Desa Taman Ayu bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Al-Azhar Mataram melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis bagi 60 Lansia Di Aula Lantor Desa Taman Ayu.
Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini dilakukan dengan tetap menjaga protocol kesehatan karena pandemi covid 19.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendeteksi kecendrungan penyakit para lansia dan tetap dengan menggunakan protocol Kesehatan. Kegiatan ini juga kita laksanakan dua hari agar tidak terjadi penumpukan peserta, kita bagi 30 orang per hari” jelas dr. Dian Rahadianti, S. Ked., M. Bioned.


Penanganan pemeriksaan lansia dilakukan oleh para ahli “ada tujuh tenaga medis dari berbagai keahlian diturunkan untuk kegiatan ini, karena peserta pasti memiliki keluhan dan pertanyaan yang beda beda, makanya kita bawa tujuh tenaga medis” kata coordinator kegiatan, Sabariah, S.Pd., M. Bioned.
Dijelaskan lebih lanjut bahwa, peserta pemeriksaan kesehatan gratis ini khusus diberikan kepada lansia yang umurnya 70 Tahun ke atas. Adapun pemeriksaan yang dimaksud adalah Tekanan darah, Asam Urat, Kolesterol dan Gula darah. Dalam kegiatan ini pula para lansia diberikan pengetahuan tentang hipertensi.


M. Tajudin, Kepala Desa Taman Ayu, saat ditemui menjelaskan bahwa pada hari selasa, kegiatan di kantor Desa sangat padat. Ada empat agenda yang sedang berjalan “ada Pelatihan Perbengkelan yang sudah berjalan hampir dua minggu, ada juga Pelatihan Kebencanaan, Pemeriksaan Kesehatan dan Pelayanan, jadi kita cukup kewalahan, tapi Alhamdulillah semua berjalan lancar” jelasnya.
Adapun kegiatan Lansia, merupakan kegiatan yang paling sering dilakukan di Desa Taman Ayu “ Pada Hari Lanjut Usia Nasional ke 25 tanggal 29 Mei kemarin, kita juga melaksanakan kegiatan Pemeriksaan dan Pengobatan Katarak bagi Lansia kerjasama Pemdes dengan ALZI dan dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan drg. Ni Made Ambaryati, saat Puasa kita adakan santunan dan hari ini (selasa, red) pemeriksaan Kesehatan Gratis kerjasama Pemdes dengan Universitas Al-Azhar Mataram. Ini yang sangat kami syukuri” terang M. Tajudin.


Menurut M. Tajudin, Kegiatan ini erat kaitannya dengan program SDGs. “Kegiatan ini sejalan dengan SDGs (Sustainable Development Goals) terutama Tujuan ke 3 yaitu Kehidupan sehat dan sejahtera (Good Health and Well-Being). Semoga kami di Taman Ayu mampu melaksanakan tujuan tujuan tersebut” pintanya.
Para peserta terlihat sangat antusian mengikuti kegiatan ini. Hal ini terbukti dari kehadiran peserta yang sudah antri sejak pagi. “kami disini dari jam 9, Alhamdulillah sudah diperiksa. Dan mudah mudahan kegiatan seperti ini terus dilakukan oleh Pemerintah Desa” kata Inaq Nuradi, salah satu Lansia yang hadir dalam kegiatan.

Leave a reply