Penanaman Pohon Kerjasama Forkopimcam dan Desa Taman Ayu

0
53

Jumat, 18 Desember 2020 (sebar.co.id)
Datangnya musim penghujan dan Angin akhir akhir ini banyak menimbulkan kerusakan Alam, terutama sepadan pantai. Hampir semua pantai di Pulau Lombok mengalami Abrasi. Menjawab hal tersebut, Pemerintah Desa Taman Ayu bekerjasama dengan Forkopimcam Gerung melaksanakan kegiatan Penanaman Pohon di sepadan Pantai Endoq Desa Taman Ayu.


“insyaallah kita akan menanam sekitar 400 buah pohon Waru di lokasi ini, mengingat saat ini sedang musim hujan, kemungkinan untuk cepat tumbuh sangat besar” kata Kades Taman Ayu, M. Tajudin, S. Sos.I, sesaat sebelum penanaman Pohon dimulai.

Hadir pula di lokasi, Camat Gerung, H. Mulyadi, SE, Kapten INF. Mujiono Danramil 1606/04 Gerung dan Kapolsek Gerung IPTU Syarifudin Zohri, Kepala Puskesmas Dasan Tapen H. Hasmuni serta Karang Taruna Desa Taman Ayu beserta para Kadus dan Staff Desa.


Sebelum acara penanaman di mulai, IPTU Syarifuddin Zohri memimpin Apel dan memberikan pengarahan kepada seluruh peserta agar Tetap menjaga Jarak dan mentaati Prokes. Dalam sambutannya, Kapolsek memberikan arahan kepada Para Kadus dan Karang Taruna untuk tetap menjaga lingkungan dan menjaga Pohon yang sudah ditanam agar bermanfaat untuk alam dan manusia.

Acara penanaman Pohon ini sejatinya akan dilaksanakan di akhir Nopember tahun ini, akan tetapi tertunda karena proses penanganan penambang pasir besi di sepadan Pantai Endoq belum selesai.

“Alhamdulillah, atas kerjasama semua pihak dan kesadaran warga sekitar, penambangan ini kita stop. Selanjutnya adalah bagaimana memelihara dan menjaga pohon agar bisa hidup dan menjadikan Pantai Endoq Indah dan nyaman untuk dikunjungi lagi” sambung Kepala Desa Taman Ayu.


Dalam menyelesaikan penambangan Pasir di Pantai Endoq, Pemerintah Desa Taman Ayu melakukan pendekatan preventif kepada warganya.

Selain sosialisasi, Pemerintah Desa juga bekerjasama dengan PLN UIP NTB untuk membantu memberikan bantuan berupa 500 ekor itik beserta kandang dan pakannya.
“masyarakat diberikan masing masing 10 ekor itik dan biaya kandang dan pakan masing masing 400.000 rupiah. Dan langsung diberikan kepada 50 Masyarakat kami yang melakukan penambangan pasir. Bahkan dua warga kami diberikan mesin tetas, agar keberlanjutan peternakan itik bisa diatasi” Jelas Ketua RT 3 Dusun Taman Kaherudin.

Pada waktu yang sama, H. Abdillah Husein, Babinkamtibmas Desa Taman Ayu mengapresiasi langkah Pemerintah Desa selama ini. “ini pekerjaan yang kelihatannya sederhana, tapi butuh waktu lama untuk sampai ke titik ini. Kami melakukan pendekatan berbulan bulan agar masyarakat mau dan sadar terhadap dampak yang ditimbulkan dari penambangan ini. Dan semoga ini menjadi langkah awal mengembalikan keasrian Pantai Endoq” Harapnya.

Kegiatan yang berlangsung hampir 3 Jam ini kemudian berakhir dengan do’a bersama yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Gerung.

Leave a reply