Rumah Baca Ayo Eksplore Indonesia

Bertahan Dengan Keterbatasan.
0
4

Salah satu hambatan dalam upaya membangun sebuah negeri adalah rendahnya tingkat literasi, baik itu literasi budaya, literasi data bahkan literasi ilmu pengetahuan. Peradaban-peradaban besar yang pernah eksis di muka bumi telah runtuh akibat dari kegagalan dalam learning dan literasi.

Begitu pentingnya gerakan literasi bagi kelangsungan peradaban suatu bangsa hingga setiap negara menyediakan sekolah-sekolah untuk membaca setiap spektrum dari cabang-cabang ilmu pengetahuan. Dari hasil bacaan tersebut telah melahirkan berbagai teknologi canggih yang dapat membantu kerja dan kinerja manusia dalam kehidupannya sehari-hari.
Gerakan literasi adalah tanggung jawab kita bersama sebagai anak bangsa yang menyadari bahwa proses kaderisasi dan regenerasi selalu akan terjadi. Pergantian atas estapet kepemimpinan dari satu generasi ke generasi berikutnya harusnya didesain sedemikian rupa.
Akan sangat merugi jika pemerintah dan bersama-sama masyarakat tidak memperhatikan dimensi yang menjadi pondasi peradaban.

Namun hari ini wacana tentang gerakan literasi tertindih dan tergerus oleh lahirnya generasi baru yang cenderung konsumtif. Kesenangan akan permainan dengan bermacam-macam jenis, kemudian dengan adanya media sosial membuat generasi menjadi individualis dan miskin etika.
Visi fundamental jangka panjang inilah yang coba diinisiasi oleh Rumah Baca Ayo Eksplore Indonesia. Kecerdasan kolektif anak bangsa akan menjadi semakin mustahil jika tidak ada yang memulai. Kegiatannya cukup sederhana membaca buku bersama-sama dan menceritakan tentang isi buku yang dibacanya secara bergiliran, jika ada yang bercerita yang lainnya harus berlatih untuk mendengarkan.
Selain membaca bersama, di Rumah Baca Ayo Eksplore Indonesia juga membantu para peserta belajar bahasa Inggris dengan mentor-mentor dari relawan setempat dan dari beberapa wilayah kabupaten Lombok Barat yang sudah lama menjadi volunteer.

Meskipun tidak mengharapkan imbalan para murid dan pembina urung rembuk membelikan bensin atas dasar menghargai ilmu dan perjuangannya untuk datang mentoring. Namun demikian Rumah Baca Ayo Eksplore Indonesia akan terus bertahan meski dalam keterbatasan. Baca Ayo Eksplore Indonesia adalah gerakan kecil untuk daerah dan untuk bangsa tercinta.
Akhirnya semoga gerakan-gerakan literasi serupa dapat diinisiasi di beberapa tempat sebagai inkubasi dan laboratorium terlahirnya bibit unggul yang siap bertarung di kancah internasional dengan prestasi-prestasinya. Tidak lantas membiarkan anak-anak kita tumbuh besar dirawat, dibimbing dan diarahkan oleh gadget yang mereka sukai.

Leave a reply