Sekotong Butuh Kantor UPT Damkar-Opini H. Abdul Majid Anggota DPRD Lombok Barat

0
112

Anggota DPRD Lobar H. Abdul Majid

Keberadaan Dinas Pemadam Kebakaran di Kabupaten Lombok Barat sangatlah penting melihat potensi kebakaran yang ditimbulkan oleh beberapa variabel diantaranya kepadatan penduduk, kekeringan lahan dan arus pendek listrik.

Tim Damkar yang selalu siap siaga selama 24 jam dalam tugasnya tatkala dibutuhkan akan berupaya secepat mungkin mencapai lokasi kebakaran. Tentu saja keselamatan adalah yang paling utama.

Dinas Damkar Lobar mempunyai tugas membantu Bupati dan Wakil Bupati dalam melaksanakan tugas untuk urusan pemerintahan di bidang ketenteraman dan ketertiban umum sub urusan kebakaran yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada daerah.

Tidak berselang lama sepertinya kita telah ketahui berita di media sosial bahwa telah terjadi kebakaran di wilayah Sekotong yang ludes sebelum Damkar tiba di lokasi.

Kebakaran yang terjadi di Villa Kiyakabin Dusun Batu Leong Desa Sekotong Barat cukup menjadi pelajaran berharga. Sebab jarak antara Kantor Damkar begitu jauh melihat interval waktu tertentu yang tidak memungkinkan sehingga masyarakat harus turun tangan meskipun sangat beresiko tinggi.

Hal tersebut sangat disayangkan melihat wilayah Sekotong termasuk daerah dengan kawasan wisata yang cukup terkenal dan membutuhkan perhatian khusus. Sebab jika tanpa ada inovasi sebagai percepatan dan kedekatan pelayanan terhadap masyarakat bagaimana mungkin pariwisata bisa aman dari ancaman tanpa pertolongan kebakaran.

Keraguan di atas diteguhkan dengan kebakaran yang baru saja terjadi (sekitar pukul 14:35) di rumah Wakil Bupati Kabupaten Lombok Barat. Secepat apapun pedal gas mobil pemadam kebakaran ditekan karena jarak yang begitu jauh maka akan tetap saja pertolongan akan cenderung terlambat.

Kecamatan Sekotong dan tentu saja kecamatan yang serupa membutuhkan unit pelayanan teknis (UPT) agar kepastian atas pertolongan kebakaran oleh pemerintah begitu dekat dengan masyarakat yang notabene jauh dari pusat pemerintahan.

Keberadaan UPT juga akan berdampak positif terhadap suatau kecamatan di mana masyarakat sekitar akan memiliki literasi terhadap pertolongan pertama pada kebakaran. UPT Damkar bisa mengdukasi dan memberdayakan masyarakat sekitar agar tanggap darurat.

Leave a reply