Singapura Adalah Kota Termahal Di Dunia 2015

In bisnis, ekonomi, rekor, traveling 55 views
Singapura adalah kota termahal di dunia 2014

Pojokmedia.com, Menurut versi Economist Intelligence Unit (EIU), yang meneliti kurang lebih 131 kota di seluruh dunia mengeluarkan daftar kota termahal di dunia untuk djadikan tempat tinggal di tahun 2014 ini. Dari berbagai kota di seluruh dunia itu Singapura tercatat sebagai kota termahal di dunia 2014 mengalahkan kota-kota besar lain di Asia, Eropa dan Amerika.

Salah satu alasan dan penyebab mengapa Singapura menjadi kota termahal dengan biaya hidup sangat tinggi dikarenakan Singapura merupakan menjadi negara pusat perdagangan elektronik di Asia saat ini. Selain itu mata uang yang kuat dikombinasikan dengan mahalnya biaya menjalankan mobil, serta tagihan listrik yang luar biasa menguras kantong membuat Singapura ada di urutan pertama. Tak cuma itu, Negeri Singa adalah tempat  paling mahal di dunia untuk membeli pakaian.

Singapura menggantikan Tokyo yang memuncaki daftar pada tahun 2013. Kota-kota lain yang menempati urutan 5 besar adalah Paris (Prancis), Oslo (Norwegia), Zurich (Swiss), dan Sydney (Australia). Tokyo bahkan tak masuk 5 besar dan merosot ke urutan ke-6.

Survei biaya hidup Economist Intelligence Unit (EIU) menggunakan New York sebagai dasar perhitungan. Ada 400 komponen harga yang menjadi pertimbangan.

Uniknya ranking 10 besar kota termahal tahun ini didominasi kawasan Asia dan Australia, juga sejumlah kota Eropa.

“Membaiknya sentimen struktural kota-kota Eropa yang mahal, dikombinasikan terus berkembangnya pusat-pusat perekonomian di Asia, membuat dua kawasan terus-terusan memasok mayoritas kota termahal dunia dalam daftar,” kata penyunting laporan, Jon Copestake, seperti dimuat BBC, Selasa (4/3/2014).

Sebaliknya, “Kota-kota Asia juga terus menjadi kota termurah di dunia, terutama di sub-benua India.”

Kebanyakan kota-kota mahal di Asia didominasi ongkos mahal untuk membeli makanan. Meski tersingkir dari 5 besar, Tokyo adalah kota dengan harga bahan makanan sehari-hari termahal.

Jika Singapura menjadi kota termahal dunia 2014, maka ini berbanding terbalik dengan keadaan kota-kota di India. Tercatat kota-kota di India menjadi kota termurah di dunia 2014. Keadaan ini memberi angin segar bagi para imigran dan pelancong dari luar India yang mau berkunjung ke India. Memang, tak semua kota di Asia menguras kantong. Kota-kota besar di India — termasuk New Delhi dan Mumbai termasuk yang termurah.

Harga-harga di Mumbai tetap rendah dengan ketimpangan pendapatan yang luar biasa besar. Upah yang rendah dari banyak buruh di sana membuat pengeluaran mereka jadi tak seberapa. Subsidi pemerintah juga mengurangi harga sejumlah kebutuhan.

Sementara, Damaskus di Suriah mengalami penurunan terbesar, menjadi kota termurah keempat di dunia seiring konflik yang tak kunjung usai.  Sementara survei EIU itu memperhitungkan biaya hidup, lembaga lain menggunakan metode penelitian berbeda.

Mercer melakukan penelitian untuk menentukan kota-kota paling mahal untuk hidup bagi para ekspatriat. Hasilnya, pada 2013, Luanda di Angola adalah yang paling mengosongkan dompet. Gara-garanya, sulit mencari perumahan yang aman dan memadai, juga mahalnya barang-barang impor.

Jika Singapura menjadi kota termahal di dunia, lalu bagaimana dengan kota-kota besar di Indonesia saat ini. Sejauh ini kota di Indonesia masih ramah bagi siapapun soal biaya hidup.

Tags: #menarik

author
Author: 
    Mau Investasi Dibidang Properi, 15 Tips ini Perlua Anda Pahami
    Mau Investasi Dibidang Properi, 15 Tips ini Perlua Anda Pahami
    Tips cara Berinvestasi dibidang property ini mungkin
    3 Tempat Wisata di Banten Yang Mengagumkan
    3 Tempat Wisata di Banten Yang Mengagumkan
    3 Tempat wsiata Paling Indah di Banten
    Resmi Indonesia Beli Pesawat Tempur SU-35 Rusia
    Resmi Indonesia Beli Pesawat Tempur SU-35 Rusia
    Desas desus rencana pembelian pesawat tempur TNI

    Leave a reply "Singapura Adalah Kota Termahal Di Dunia 2015"

    Must read×

    Top