SITEBEL Ingin Jadi Artis

Mari Kita Bersimulakra Pada Diri Sendiri
0
4

 

SITEBEL “silaq belanja Leq warung tetangge” merupakan program pemerintah yang ingin memberikan peluang kepada ada warung-warung kecil untuk tumbuh berkembang. selain efek secara ekonomi, sitebel juga merupakan kegiatan mempererat silaturahmi antar warga., karena didalamnya terdapat interaksi aktif antara penjual dan pembeli secara langsung di wilayah tersebut, sehingga pertumbuhan perekonomian tingkat paling bawah diharapkan meningkat signifikan.

Dalam program ini juga akan dapati keramahan, kesopanan, kebersamaan yang menjadi ciri khas masyarakat ketimuran. Dalam menyikapi ini, pemerintah juga memberikan apresiasi terhadap karya-karya anak bangsa dengan membuat film pendek terkait sitebel, tentu harapannya agar kegiatan sitebel memang benar benar terjadi di lapangan.

namun Apakah program ini ini benar-benar menyentuh esensi atau hanya mengumbar sensasi? atau sekedar pengisi program di tengah pandemi?

 

pertanyaan ini muncul karena ambiguitas kebijakan dalam pelaksanaan program SITEBEL. di satu sisi pemerintah daerah menginginkan masyarakat untuk berbelanja di warung Tetangga di sisi lain kebijakan pemerintah juga begitu ramah dengan pertumbuhan retail modern yang kapitalistik.

Kemudian jika kita bandingkan proses pelayanan, kebersihan, keindahan, kenyamanan dari ritel modern dengan warung tetangga sungguh amat jauh.

Maka, Setidaknya para pelaku usaha kecil menengah juga mendapatkan arahan tentang manajemen barang, IT, bahkan mungkin berbentuk aplikasi yang bisa digunakan untuk mempermudah penjualan di masa pandemi.

Yang terjadi kemudian adalah simulasi simulasi di tempat wisata dengan memperagakan proses sitebel dengan pola yang dramatisir.

Hal ini tentu sangat tidak produktif bagi perkembangan warung-warung kecil dan pelaku usaha kecil menengah.

Akan berbeda kemudian Apabila mereka juga diberikan pembinaan sampai permodalan dalam praktek usahanya.

Bukan seperti sinetron yang alur ceritanya sudah tertulis dalam Script atau audisi casting Artis, siapa yang lebih natural permainannya itulah yang menjadi pemenang atau lolos seleksi….

TagsOpini

Leave a reply