Ternyata Setelah Imsyak Masih Boleh makan Dan Minum

In Educations, Tips 87 views

Waktu Imsyak adalah waktu yang ditentukan untuk mengahiri ibadah makan saur bagi umat muslim yang hendak menjalankan puasa ramadhan. Imsyak ditandai dengan dibunyikannya bunyi sirine yang begitu keras dan menggetarkan yang menuntut semua orang harus benar-benar memperhatikan peringatan tersebut.

Imsyak ditentukan untuk memberikan tanda bahwa waktu makan saur sudah berahir. Jadi setelah bunyi sirine atau peringatan imsyak umat muslim dilarang makan saur. Benarkah begitu?

Sebenarnya ternyata setelah imsyak masih boleh makan saur loh. Ah, apa benar? Mari simak penjelasan berikut.
Sebenarnya imsyak bukanlah pertanda awal dimulainya puasa, imsyak itu dibuat hanya untuk mengingatkan kepada kita bahwa sebentar lagi sudah akan masuk waktu untuk memulai puasa. Jadi imsyak adalah tuntunan untuk umat sebagai bentuk kehati-hatian agar kita tidak sampai kebablasan.

hukum-makan-sahur-setelah-imsyak

Jika dilihat dari pengertiannya, imsak adalah menahan diri dari yang membatalkan puasa, hal ini berbeda dengan shaum atau puasa yang berarti menahan diri dari yang membatalkan puasa sejak terbit fajar (waktu subuh) hingga terbenam matahari (waktu maghrib).

Namun, walau dikatakan imsak merupakan waktu menahan diri, tetapi jika waktu imsak sudah masuk kita masih bisa makan dan minum loh.

Jadi sebenarnya awal dimulainya puasa adalah ketika fajar dating, atau waktu subuh, jadi setelah imsyak masih ada waktu sekitar 10 – 15 menit lagi untuk kita gunakan makan sahur.

Seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 187 berikut ini.

Allah SWT berfirman :

فَالْآَنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ

“Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam …” (Q.s Al-Baqarah: 187)

 

Baca juga 1001 Keutamaan Bulan Ramadhan Dan Tarawih 10 Hari Pertama

Dalam yat tersebut jelas bahwa waktu dimulainya puasa Ramadan adalah saat fajar telah terbit, bukan imsak. Istilah imsak sendiri tidak ada pada masa Rasulullah. Ketentuan waktu imsak dilakukan sebagai ihtiyath (kehati-hatian) untuk menjaga agar seseorang tidak melampui waktu yang telah ditentukan dalam menjalankan ibadah puasa.

Dalil lain yang menguatkan tentang hal ini adalah yang diriwayatkan oleh imam Al-Bukhari (hadits no. 1919) dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha bahwasanya Bilal mengumandangkan adzan pada suatu malam. Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يُؤَذِّنَ ابْنُ أُمِّ مَكْتُومٍ ، فَإِنَّهُ لَا يُؤَذِّنُ حَتَّى يَطْلُعَ الْفَجْرُ

“Makan dan minumlah sampai Ibnu Ummi Maktum mengumandangkan adzan. Sesungguhnya dia tidaklah mengumandangkan adzan hingga fajar terbit.”

Dengan memahami maksud isi dari ketyerangan tersebut, maka jelaslah bahwa waktu imsak bukanlah penanda awal waktu puasa. Bukankah Rasulullah bersabda “Senantiasalah umatku berada dalam kebaikan (Puasa) selama mereka menyegerakan berbuka dan melambatkan sahur.” (HR. Imam Ahmad dari Abu Zarr ra).

Baca juga Inilah Fakta Menarik Tentang Ka’bah Dan Masjidil Haram

Jadi setelah Imsyak atau bunyi sirine bunyi, masih ada waktu sekitar 10 menit lagi untuk menikmati hidangan sahur. Batasnya adalah ketika dating fajar atau waktu subuh. Allahu A’lam.

Tags: #imsyak #menarik #pendidikan #ramadhan

author
Author: 
    Cara Alami Mengatasi Rambut Rusak Patah Dan Bercabang
    Cara Alami Mengatasi Rambut Rusak Patah Dan Bercabang
    Perawatan rambut sangat penting dan dibutuhkan oleh
    7 Sifat Pria Yang Paling Dibenci Wanita
    7 Sifat Pria Yang Paling Dibenci Wanita
    Umumnya wanita sangat suka dengan pria tampan,
    Ini Cara Memakai High Heels Yang Benar
    Ini Cara Memakai High Heels Yang Benar
    High Heels menjadi salah satu trend fashion

    Leave a reply "Ternyata Setelah Imsyak Masih Boleh makan Dan Minum"

    Must read×

    Top