Top 10 Danau Terbesar Di Dunia Yang Masih Ada

In ajaib, aneh, rekor, traveling, unik 150 views

POJOKMEDIA.COM – Danau merupakan tempat yang indah untuk kita kunjungi. Apalagi danau tersebut merupakan danau terbesar di dunia, tentu kita akan senang serta bangga telah mengunjunginya. Dengan pesona air dan pegunungan yang natural danau menjadi salah satu tempat wisata favorit di berbagai dunia.

Danau adalah sebuah cekungan besar yang berada di permukaan bumi dan digenangi oleh air. Bisa berupa air tawar atau air asin, kondisi ini biasanya menyesuaikan tempat jika berdekatan dengan laut biasanya air danau akan asin. Namun mayoritas danau yang ada berair tawar.

Membicarakan danau, pikiran saya langsung tertuju kepada  danau terbesar di dunia. Dengan begitu banyaknya danau yang terdapat di belahan bumi, maka akan menarik jika kita tahu danau mana yang menjadi danau terbesar di dunia saat ini. untuk alas an itulah maka pojok media kali ini berikan top 10 danau terbesar di dunia buat Anda.

Top 10 Danau Terbesar Di Dunia 2014 dipengang oleh danau kaspia
Laut Kaspia=Foto: id.wikipedia.org

1. Laut Kaspia

Laut Kaspia merupakan danau terbesar di dunia. Laut Kaspia atau Laut Mazandaran merupakan sebuah laut yang terkurung daratan antara Asia dan Eropa (Rusia Eropa). Laut Kaspia merupakan kumpulan air terbesar di daratan, dengan luas permukaan 371.000 km², dan oleh karena itu memiliki karakteristik yang dimiliki oleh laut dan danau. Laut Kaspia sering digolongkan sebagai danau terbesar dunia, meskipun ia tidak mengandung air tawar.

Laut Kaspia dibatasi oleh Russia (Dagestan, Kalmykia, Oblast Astrakhan), Azerbaijan, Iran (provinsi Guilan, Mazandaran dan Golestan), Turkmenistan, dan Kazakhstan, dengan “steppe” Asia Tengah di utara dan timur. Pada sisi timur Turkmen terdapat sebuah “embayment” besar, Kara Bogaz Gol.
Laut ini dihubungkan dengan Laut Azov melalui Terusan Manych.

2.  Danau Superior

Di urutan kedua yang masuk sebagai danau terbesar di dunia yaitu danau superior.  Danau Superior adalah Danau Besar Amerika Utara terbesar dan merupakan danau air tawar terbesar di dunia dalam luas permukaan dengan Danau Baikal di Siberia memiliki “volume” lebih. (Laut Kaspia jauh lebih besar, namun berisi air asin). Danau Superior memiliki luas permukaan 82,000 km² (32.000 mil persegi), lebih besar dari Republik Czech. Selain itu, danau ini juga memiliki panjang maksimum 350 mil (563 km) dan lebar maksimum 160 mil (257 km). Kedalaman rata-ratanya adalah 489 kaki (149 m) dengan kedalaman maksimum 1.333 kaki (406 m). Danau Superior berisi 2.935 mil kubik (12.232 km kubik) air. Garis tepian danau ini adalah 2.730 mil (4.393 km) (termasuk pulau-pulau)

Danau Superior berbatasan dengan Ontario di Kanada, dan Minnesota, Wisconsin dan Michigan di Amerika Serikat. Danau ini merupakan rute pelayaran penting untuk pengiriman bijih besi dan merupakan bagian dari Jalan Air Danau Besar (Great Lakes Waterway)

3. Danau Victoria

Mengikuti di urutan ketiga sebagai danau terbesar di dunia yaitu Victoria. Danau Victoria atau Victoria Nyanza (juga dikenal sebagai Ukerewe) adalah salah satu Danau Besar di Afrika.

Danau Victoria memiliki luas 68.870 kilometer persegi, membuatnya danau terbesar di benua Afrika, danau tropis terbesar di dunia, dan danau air tawar kedua terbesar dunia dalam luas permukaan. Karena dangkal, danau ini masuk dalam urutan ke-7 danau air tawar dalam volume, berisi 2.760 kilometer kubik air. Dia merupakan sumber dari cabang terpanjang Sungai Nil, Nil Putih. Danau ini terletak dalam dataran tinggi di bagian barat Great Rift Valley Afrika dan diatur oleh Tanzania, Uganda, dan Kenya.

Ada lebih dari 3.000 pulau dalam Danau Victoria, kebanyakan tida berpenghuni. Ini termasuk Kepulauan Ssese di Uganda, sebuah kelompok besar pulau-pulau di barat laut danau tersebut dan menjadi sebuah tujuan pariwisata populer.

4. Danau Huron

Danau Huron sebagai danau terbesar di dunia di urutan keempat. Danau Huron ialah salsh satu dari 5 Danau Besar Amerika. Merupakan yang ke-3 dari muara. Seperti Danau Ontario, Danau Erie, dan Danau Superior, danau ini juga dimiliki bersama antara Amerika Serikat dan Kanada.

Danau Huron memiliki panjang 200 mil (325 km) dan sedalam 750 kaki (230 m). Banyak perahu dan kapal berlalu lalang di Danau Huron, membawa barang seperti bijih besi.

Danau Huron membatasi provinsi Kanada Ontario dan negara bagian AS Michigan. Tiada kota besar di Danau Huron, namun ada beberapa kota kecil seperti Sarnia, Ontario dan Bay City, Michigan.

5. Danau Michigan

Setelah huron di urutan kelima ditempati oleh Danau Michigan. Danau Michigan ialah salah satu dari 5 Danau-danau Besar di Amerika Utara.

Memiliki wilayah permukaan 22.300 mil persegi (57750 km persegi). Panjangnya 307 mil dan luasnya 118 mil. Danau Michigan ialah danau terbesar ke-5 di dunia.

Dibatasi oleh negara bagian Amerika Serikat: Indiana, Illinois, Wisconsin, dan Michigan. Kota terbesar di Danau Michigan ialah Chicago.

6. Danau Aral

Danau terbesar di dunia ialah di posisi enam yaitu Danau Aral. Danau ini terletak di Asia Tengah. Danau ini diapit oleh Kazakhstan di utara dan Uzbekistan di selatan. Danau Aral memiliki luas yang mencapai 66.456 km² dan tinggi sekitar 50 meter. Sayangnya, karena kebutuhan irigasi negara yang bernaung di dekatnya, menjadikan proyek bendungan menyebabkan menyusutnya luas areal danau Aral ini.

7. Danau Tanganyika

di urutan ketujuh sebagai danau terbesar di dunia ditempati Danau Tanganyika. Danau ini terletak di Afrika. Danau Tanganyika memiliki ketinggian sekitar 772 meter dan luasnya mencapai 32.893 km².

8. Danau Baikal

Nangkrig di urutan kedelapan sebagai salah satu danau terbesar dunia yitu Danau Baikal. Danau ini terletak di Asia. Danau Baikal memiliki ketinggian sekitar 453 meter dan luasnya sekitar 31.499 km².

9. Danau Great Bear

Danau Great Bear merupakan danau terbesar kesembilan di dunia. Danau ini terletak di Kanada. Danau Great Bear memiliki luas yang mencapai 31.080 km² dan tinggi sekitar 119 meter. Danau ini juga diliput oleh es selama delapan bulan dalam setahun. Keunikan dari danau ini ialah bentuknya yang seperti amuba raksasa dengan lima lengan besar.

10. Danau Nyasa

Danau terbesar di dunia di urutan sepuluh di tempati oleh Danau Nyasa. Danau ini terletak di Afrika. Danau yang juga dikenal sebagai Danau Malawi ini memiliki luas sekitar 30.044 km² dan tinggi sekitar 472 meter. Danau air tawar ini memiliki aliran keluar utama, yaitu Sungai Shire, sebuah anak sungai yang mengalir ke Sungai Zambezi.

Itulah  top 10 danau terbesar di dunia 2014 ini. jika Anda penasaran silahkan berkunjung langsung yah. Semoga bermanfaat.

Tags: #menarik

author
Author: 
    3 Tempat Wisata di Banten Yang Mengagumkan
    3 Tempat Wisata di Banten Yang Mengagumkan
    3 Tempat wsiata Paling Indah di Banten
    7 Sifat Pria Yang Paling Dibenci Wanita
    7 Sifat Pria Yang Paling Dibenci Wanita
    Umumnya wanita sangat suka dengan pria tampan,
    Ternyata Wanita Gemuk Lebih Cerdas Dari Wanita Kurus
    Ternyata Wanita Gemuk Lebih Cerdas Dari Wanita Kurus
    Sebar.co.id – Wanita gemuk selalu dilihat sebelah
    Ternyata Inilah Asal Usul Nama Indonesia
    Ternyata Inilah Asal Usul Nama Indonesia
    Sebar.co.id – Mungkin belum banyak yang tahu

    Leave a reply "Top 10 Danau Terbesar Di Dunia Yang Masih Ada"

    Must read×

    Top