Upaya Membangkitkan Literasi Lokal, Loezawa dirikan Rumah Baca & English Learning Group di Desa Buwun Mas

0
50

Lombok Barat, – Kurangnya fasilitas yang mendukung SDM untuk berkembang membuat anggota DPRD Lombok Barat Dapil Sekotong tergerak untuk mendirikan Rumah Baca dan English Learning Group di daerah asalnya.

Beliau merasa masyarakat di kampung halamannya harus melek terhadap perubahan zaman dan mampu berbahasa asing. Mengingat Desa Buwun Mas yang merupakan tempat tinggalnya merupakan salah satu desa wisata yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Apalagi jika generasi muda yang menjadi sasaran untuk membangkitkan pariwisata di wilayahnya, maka diharuskan untuk mampu berbahasa asing dan mengetahui berbagai infomasi terkait, tentunya dengan dukungan berupa fasilitas untuk belajar.

“Jika diceritakan bagaimana saya tertarik mendirikan Rumah Baca & English Learning Group di Desa Buwun Mas, ini menjadi flashback saat saya masih menempuh pendidikan Sekolah Dasar (SD). Rasa ingin tahu saya sangat tinggi terhadap berbagai hal yang ada di dunia ini, namun saya sulit untuk memperoleh jawabannya yang disebabkan oleh fasilitas penunjang yang belum tersedia saat itu. Saya ingin anak-anak disini tidak mengalami apa yang saya rasakan waktu itu.” Ucap Penggiat Wisata yang akrab disapa Loezawa ini.

Loezawa juga menjelaskan bahwa Rumah Baca dan Program English Learning Group ini adalah hasil dari gagasan salah satu komunitas yang dibuatnya yang bernama Ayo Explore Indonesia.

Komunitas yang khusus dibuat untuk para pecinta eksplorasi, yang kegiatannya bukan hanya sekedar jalan-jalan atau traveling, melainkan mengasosiasikan eksplorasi dari banyak sisi, sehingga memunculkan ragam generasi, dan komunitas ini tidak mengandung SARA.

Komunitas Ayo Explore Indonesia memiliki visi bagaimana memberikan penyadaran kepada masyarakat bahwa eksplorasi itu menjadi penting, sebab kegiatan eksplorasi itu sendiri menjadi ajang penggalian potensi-potensi yang ada.

“Secara individu, kita adalah satu tetes, tapi bersama-sama kita adalah lautan” ucapnya dengan penuh semangat dan optimis.

Dengan adanya Rumah Baca dan Program English Learning Group, diharapkan seluruh masyarakat Desa Buwun Mas memanfaatkan dengan sebaik mungkin berbagai fasilitas dan program yang sedang dilaksanakan, dan semoga kedepannya akan membawa berkah bagi Desa Buwun Mas terutama bagi segi sektor pariwisata.

Leave a reply